Search

Status Gunung Agung Siaga, Warga Mulai Panik Tinggalkan Rumah

KARANGASEM - Warga Karangasem panik setelah status Gunung Agung ditingkatkan dari level II Waspada meningkat menjadi level III Siaga. Saat ini warga Karangasem sudah meninggalkan rumah dan menunggu instruksi dari pemerintah.

Warga tersebut rata-rata berasal dari dusun yang berada di kawasan rawan bencana (KRB) III. Warga telah meninggalkan rumah akibat terjadinya gempa dan bau belerang. Bahkan berdasarkan data yang dihimpun, gempa dirasakan warga di Kecamatan Selat, Rendang, dan Kecamatan Kubu, Karangasem.

Seorang warga Rendang,Wayan Janiarta mengatakan, para pengungsi ini berasal dari Desa Muncan bagian atas, sebagian dari Desa Besakih dan Sebudi. Saat ini mereka menunggu informasi dan instruksi dari pemerintah. Untuk sementara waktu, warga di berkumpul di lapangan Singarata yang yang cukup aman.

"Warga berkumpul di lapangan semuanya. Saat ini kami sedang menunggu instruksi dari pemerintah," kata Wayan Janiarta, Selasa (19/9/2017).

Dia menjelaskan, warga yang ketakutan itu mendapat tempat penampungan sementara, yakni di wantilan-wantilan terdekat dari lapangan. "Semalam mereka mulai berdatangan pasca gempa yang terjadi," jelasnya.

I Ketut Wijaya Mataram warga lainnya menyatakan hal yang sama. Sebagian warga Banjar Pejeng, Desa Muncan memilih tempat pengungsian sementara di balai banjar Menanga Kawan, Desa Menanga. “Warga sudah mulai mencium bau belerang sehingga memutuskan meninggalkan rumahnya," katanya.

Dia menyebutkan juga, lokasi yang dijadikan sebagai tempat penampungan di lapangan Desa Rendang, termasuk kantor LPD Rendang dan wantilan. Warga Banjar Duku, Kecamatan Kubu, Karangasem juga sama masih bersiap menunggu informasi lanjutan dari pemerintah.

(wib)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2xhOo3t

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Status Gunung Agung Siaga, Warga Mulai Panik Tinggalkan Rumah"

Post a Comment

Powered by Blogger.