Search

Mensos Jamin Stok Logistik Pengungsi Gunung Agung Tercukupi

KARANGASEM - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa logistik untuk warga pengungsi di sekitar Gunung Agung di Karangasem, Klungkung, Buleleng dan Bangli, Bali, tercukupi.

Khofifah menjelaskan, Kementerian Sosial akan terus berkoordinasi dengan koordinator pengungsi Pemerintah Provinsi Bali maupun Dinas Sosial masing-masing Kabupaten untuk memastikan logistik seluruh pengungsi tidak kekurangan.

Dari data Kementerian Sosial, sedikitnya dibutuhkan 23,5 ton beras per hari untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh pengungsi Gunung Agung.

"Intinya jangan sampai ada pengungsi yang tidak terpenuhi kebutuhan makanan karena logistik habis. Ini harus menjadi perhatian serius karena pergerakan dan besarnya jumlah pengungsi," katanya di Karangasem, Rabu (27/9/2017).

Pihaknya telah mengerahkan sumber daya manusia baik dari Kementerian Sosial, Dinas Sosial Provinsi, Dinas Sosial Kabupaten, Taruna Siaga Bencana, dan pilar sosial lainnya se-Provinsi Bali dan Provinsi yang berdekatan yaitu NTB dan Jawa Timur.

"Bantuan yang disalurkan untuk pengungsi telah mencapai Rp4,8 miliar berupa bahan makanan, tenda, dan perlengkapan pengungsian," terangnya.

Bantuan lain yang juga diberikan Kementerian Sosial kepada para pengungsi berupa layanan dukungan psikososial di 16 titik lokasi pengungsian.

"Layanan ini diberikan guna mengatasi trauma psikologis yang dialami warga di lokasi pengungsian," paparnya.

Dia menjelaskan, LDP dapat berupa terapi psikososial, pelayanan konseling, psikoedukasi, serta penguatan-penguatan sosio psikologis lainnya.

(rhs)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2yGZGNn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mensos Jamin Stok Logistik Pengungsi Gunung Agung Tercukupi"

Post a Comment

Powered by Blogger.