Search

Status Tanggap Darurat Bencana Dicabut, Gunung Agung Meletus Lagi

KARANGASEM - Setelah status tanggap darurat bencana Gunung Agung dicabut pada Jumat 22 Desember 2017, hari ini Gunung Agung kembali meletus. Letusan terjadi pukul 11.57 Wita.

Berdasarkan data KESDM, Badan Geologi, PVMBG  teramati letusan dengan tinggi 2.500 meter dan warna asap kelabu condong ke timur laut.

Sementara itu, secara kegempaan ada letusan terjadi satu kali, embusan tiga kali, low frecuency empat kali, dan gempa vulkanik dangkal terjadi tiga kali. Selain itu juga ada Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 1-2 mm (dominan 1 mm).

"Terjadi erupsi dengan ketinggian kolom abu sekitar 2.500 meter," kata Kepala Sub Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Devy Kamil Syahbana, Sabtu (23/12/2017).

Seperti diketahui, Gunung Agung pertama kali meletus pada 21 November 2017. Sementara itu, data jumlah pengungsi Gunung Agung pada 22 Desember 2017 sebanyak 71.045 jiwa yang tersebar di 239 titik pengungsian.

Pihak PVMBG merekomendasikan masyarakat, wisatawan di sekitar Gunung Agung agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak melakukan aktivitas apa pun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di dalam area kawah gunung dan di seluruh area di dalam radius 8 km dari kawah Gunung Agung, ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 10 km dari kawah Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual.

(zik)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2l2h6Ol

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Status Tanggap Darurat Bencana Dicabut, Gunung Agung Meletus Lagi"

Post a Comment

Powered by Blogger.