Search

Yakin Gunung Agung Tidak Meletus dalam Waktu Dekat, Kakek Ini Enggan Mengungsi

KARANGASEM - Sejak Gunung Agung berstatus Waspada, semua warga Karangasem yang tinggal dekat dengan gunung tersebut diminta mengungsi. Namun, ada saja warga yang enggan mengungsi dan memilih bertahan tinggal di rumahnya meski saat ini Gunung Agung berstatus Awas.

Adalah Wayan Mangku Madi, tokoh spritual di Kelurahan Padang Kerta, Kecamatan Karangasem, yang belum mengungsi. Laki-laki yang rambutnya penuh uban ini meyakini Gunung Agung tidak akan meletus dalam waktu dekat ini

Mangku Madi menegaskan tidak akan mengungsi dalam waktu dekat ini lantaran mendapatkan bisikan bahwa Gunung Agung masih sayang pada masyarakat. "Petunjuknya Gunung Agung ini marah karena ada lubang di tubuhnya, tepatnya ada di kakinya," jelasnya di Karangasem, Kamis (28/9/2017).

Dia mengatakan, kaki Gunung Agung ini luka karena banyaknya warga yang mengeruk pasir sampai dalam. "Boleh mengambil pasir tapi jangan terlalu dalam. Lubangnya putus itu ada di kakinya," ucapnya.

Saat ditanya sampai kapan akan bertahan, dia menjawab,"Belum tahu sampai kapan akan di sini."

Namun, saat Gunung Agung meletus pada tahun 1963 dirinya juga ikut mengungsi sampai Lombok. "Waktu itu keluarga saya mengungsi sampai Lombok," ujarnya.

Menurut dia, rumah yang ditempatinya saat ini, pada tahun 1963 pun terkena abu vulkanik dan awan panas bahkan lahar. Karena itu, keluarganya mengungsi ke Lombok, NTB.

(zik)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2x01gI9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Yakin Gunung Agung Tidak Meletus dalam Waktu Dekat, Kakek Ini Enggan Mengungsi"

Post a Comment

Powered by Blogger.