Search

Raih WTP 6 Kali Berturut-turut, Pemprov Jabar Terima Penghargaan

BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada Pemprov Jawa Barat (Jabar) atas prestasinya meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) enam kali berturut-turut. Pemprov Jabar dinilai sebagai pemerintah daerah yang paling sering meraih opini WTP.

Penghargaan diserahkan langsung Presiden Jokowi kepada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat Pembukaan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan, di Istana Negara Jakarta, Kamis (14/9/2017).

"Kita bersyukur tadi di istana negara kita mendapatkan penghargaan atas kinerja keuangan pemerintah provinsi berupa diraihnya WTP selama enam kali berturut-turut atau di atas lima kali," ungkap Aher, sapaan akrab Gubernur seusai menerima penghargaan.

Menurut Aher, opini WTP menggambarkan akuntabilitas kinerja dalam laporan keuangan dan hasil kerja di lapangan berupa terwujudnya pembangunan yang dirasakan langsung oleh masyarakat Jabar.

"Tentu WTP ini menggambarkan bahwa akuntabilitas dan hasil kerja kita di lapangan telah sesuai," tegasnya.

Menurutnya, sejak perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan anggaran, termasuk evaluasi keuangan dan evaluasi kinerja betul-betul menggambarkan apa yang dikerjakan sesungguhnya secara efektif, efisien, dan justice.

"Selain efektif, efisiensi anggaran telah kita gunakan seperlunya, sewajarnya, dan sesuai dengan kualitas yang kita inginkan. Sedangkan justice, yaitu hasil kerja telah sesuai dengan anggaran yang telah dikeluarkan," jelasnya.

Mudah-mudahan hasil akhir yang dirasakan masyarakat berupa ouput dan outcome itu betul-betul menggambarkan anggaran yang kita anggarkan untuk didayagunakan bagi pembangunan masyarakat Jabar," sambung Aher.

Aher pun mendedikasikan penghargaan ini untuk seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemprov Jabar yang telah bekerja keras dan konsisten mempertahankan raihan WTP selama enam kali berturut-turut.

"Penghargaan ini kita dedikasikan untuk ASN Jabar karena hakikatnya mereka yang bekerja keras dan secara konsisten selama enam kali berturut-turut bisa mempertahankan WTP ini," ucapnya.

Tahun ini, jumlah pemerintah daerah yang memperoleh opini WTP meningkat menjadi 375 pemerintah daerah. Sedangkan sebelumnya atau laporan keuangan 2015 sebanyak 312 pemerintah daerah.

Sementara jumlah kementerian/lembaga yang meraih WTP tahun ini meningkat menjadi 73 dimana sebelumnya hanya 56 kementerian/lembaga.

(rhs)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2fjRYR1

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Raih WTP 6 Kali Berturut-turut, Pemprov Jabar Terima Penghargaan"

Post a Comment

Powered by Blogger.