Search

Perindo Ikut Prosesi Penjamasan Pusaka Sunan Kalijaga di Demak

DEMAK - Kirab budaya dalam rangkaian penjamasan pusaka milik Sunan Kalijaga rutin digelar setiap selesai Salat Idul Adha. Acara yang dimulai dari Pendapa Kabupaten Demak hingga makam Sunan Kalijaga di kawasan Kadilangu, Demak, selalu menarik perhatian ribuan warga yang memadati rute kirab.

Pada tahun ini ada yang berbeda karena sejumlah pengurus Partai Perindo turut dalam prosesi kirab budaya tersebut. Bahkan, seorang simpatisan partai besutan Hary Tanoesoedibjo juga diizinkan masuk ke cungkup makam Sunan Kalijaga. Padahal, selain ahli waris dan pejabat pemerintah, prosesi penjamasan pusaka tertutup untuk umum.

“Ini adalah suatu kehormatan tersendiri. Artinya kita memang sudah diakui oleh masyarakat Demak khususnya. Kita tahu bahwa yayasan yang menyelenggarakan penjamasan pusaka milik anggota Walisongo ini sudah dikenal banyak orang,” ujar Ketua DPD Partai Perindo Demak, Harno, Jumat (1/9/2017).

Dia menambahkan, penjamasan pusaka bernama Kutang Ontokusumo dan Keris Kiai Cubruk merupakan ritual keramat. Bahkan, minyak wangi yang digunakan menjamas pusaka di dalam cungkup makam selalu menjadi rebutan warga. Mereka percaya bisa mendapatkan berkah bila mendapat atau hanya terolesi minyak jamas.

“Sebenarnya yang diundang ke sini adalah Bapak Hary Tanoesoedibjo, tapi karena beliau berhalangan, maka beliau mengutus kepada Ketua DPW Siswadi Selodipoero. Namun kondisi kesehatan Pak Sis sedang tidak fit, maka kami yang mewakili. Tadi ada simpatisan Perindo yang ikut masuk ke cungkup mengikuti penjamasan pusaka,” paparnya.

(mcm)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2eJrmJ2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perindo Ikut Prosesi Penjamasan Pusaka Sunan Kalijaga di Demak"

Post a Comment

Powered by Blogger.