Search

Atasi Kekeringan, Desa di Perbatasan Bangun PAM Bertenaga Surya

loading...

KEFAMENANU - Untuk mengatasi kekeringan, Desa Banain B, Kecamatan Bikomi Utara, Timor Tengah Utara, NTT membangun sitem Perusahaan Air Minum (PAM) bertenaga surya.

Kepala Desa Banain B, Yulis Kolo menjelaskan, pembangunan PAM Desa menggunakan tenaga surya ini dikerjakan menggunakan Dana Desa tahun 2017 sebesar Rp. 400.000.000 (empat ratus juta rupiah) dengan rincian pembelian mesin pompa air tenaga surya, pembangunan bak penampung  dan pemasangan jaringan pipa ke rumah warga.

Menurut Yulius, Debit air yang ada bisa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga ratusan kepala Keluarga di Desa Banain B mau pun desa Desa Tetangga yang berdekatan dengan topografi yang masih memungkinan untuk dialiri air.

"Setelah ini kita serahkan ke pihak pengelolah badan usaha milik desa (Bungdes) Banain B agar bisa menjadi salah satu sumber pemasukan bagi desa," Ungkap Yulis Kolo, Kepala Desa Banai B, Selasa (27/02/2018).

Usai peresmian penggunaan PAM Desa, Bupati Timor Tengah Utara, Raymundus Fernandez mengatakan sistem PAM Desa yang digunakan Desa Banain dapat dicontoh oleh Desa-Desa Lainnya agar bisa mengatasi kekurangan air bersih.

"Kita Apresiasi hal ini, kalau bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya sehingga bisa mengatasi kekurangan air bersih setiap tahun di daerah itu," katanya.

(nag)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2FAz3x8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Atasi Kekeringan, Desa di Perbatasan Bangun PAM Bertenaga Surya"

Post a Comment

Powered by Blogger.