Search

Polda Jabar Bagikan Kaki Palsu Gratis untuk Korban Kecelakaan

BANDUNG - Untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Lalu Lintas, Polda Jabar membagikan kaki dan tangan palsu kepada delapan warga korban kecelakaan. Bantuan kaki dan tangan palsu itu diberikan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat apel HUT ke-62 Lalu Lintas, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jabar, Jumat (22/9/2017).

"Pemberian bantuan kaki dan tangan palsu ini salah satu bentuk kepedulian kami kepada korban kecelakaan. Kaki dan tangan palsu yang kami berikan secara cuma-cuma ini hasil kerja sama Polda Jabar dengan Yayasan Kick Andy. Ini (pembagian kaki dan tangan palsu gratis) tidak sampai di sini saja, tapi diteruskan sampai ke daerah-daerah. Kami harapkan seluruh kasatlantas cari korban kecelakaan baik masyarakat maupun anggota Polri, ukur untuk dibuatkan kaki palsu, berikan secara gratis," papar Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (22/9/2017).

Salah satu dari delapan korban kecelakaan lalu lintas yang mendapat bantuan kaki palsu adalah Andri Dila Syahputra (8), warga Kabupaten Karawang.

Andri kehilangan kaki kanannya setelah menjadi korban kecelakaan lalu lintas pada 2015 lalu. Saat itu, Andri dibonceng ayahnya dengan sepeda motor untuk membeli memori telepon seluler (ponsel).

Malang, saat dalam perjalanan, sepeda motor yang dia naiki terjatuh dan kaki kanan bocah kelas 2 SD ini tergilas truk. Lantaran lukanya sangat parah, kaki Andri pun terpaksa diamputasi. “Saya senang dapat bantuan kaki palsu gratis ini,” ujar Andri.

Selain Andri, Polda Jabar dan Yayasan Kick Andy juga memberikan kaki palsu kepada Aiptu Adang Hidayat (57), anggota Satlantas Polresta Cimahi. Adang kehilangan kaki kanannya setelah diamputasi akibat penyumbatan pembuluh darah.

Penyakit yang diidap Adang, ayah dari lima anak ini, sejak 5 Januari 2017 tersebut diidap Adang lantaran setiap hari menghirup polusi asap kendaraan bermotor. Adang telah bertugas sebagai polentas sejak 33 tahun lalu.

“Saya tidak patah semangat. Ini takdir yang harus saya jalani. Alhamdulillah, makasih dapat bantuan kaki palsu,” kata Adang kepada wartawan.

Perayaan HUT ke-62 Lalu Lintas 2017 bertema “Indonesia Aman, Selamat, Tertib, dan Lancar Melalui Modernisasi Polantas sebagai Implementasi Tahun Keselamatan untuk Manusia”, Agung mendorong jajaran polisi lalu lintas dan instansi terkait, melakukan inovasi guna menekan jumlah angka kecelakaan.

“Saya mendukung polisi lalu lintas terus berinovasi dengan dukungan teknologi informasi, seperti SIM dan Samsat online untuk mmpermudah masyarakat,” ujar Agung.

Kapolda mengemukakan, tingkat kecelakaan lalu lintas di Jabar masih tinggi. Pada 2016, jumlah korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas sebanyak 1.836 orang. Artinya, dalam sehari, rata-rata lima sampai enam orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Sebagian besar korban meninggal akibat kecelakaan itu usia produktif.

“Angka kecelakaan lalu lintas tidak bisa ditekan hanya oleh kami (polisi). Masyarakat dan instansi terkait harus terlibat. Tentu kita perlu bekerja sama. Misalkan, kalau faktor lampu penerangan kurang, tugasnya siapa sih? Rambu-rambu tugasnya siapa sih? Nah kita tingkatkan sinergitas itu. Tahun ini, tahun keselamatan berlalu lintas, mari kita bekerja sama. Saya berharap, Jawa Barat, tahun depan, angka kecelakaan fatal, yang menimbulkan korban meninggal dunia, dapat ditekan,” tutur Kapolda.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy yang mengantar Adang untuk menerima kaki palsu, mengatakan, simpatik atas pengorbanan Adang demi tugas. "Beberapa kali saya ke kediamannya, dia dikenal jujur di tengah masyarakat," ungkap Rusdy.

(sms)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2wDmpwh

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polda Jabar Bagikan Kaki Palsu Gratis untuk Korban Kecelakaan"

Post a Comment

Powered by Blogger.