Search

Puncak Arus Balik di Terminal Purabaya Diprediksi Sabtu-Minggu

SURABAYA - Arus balik lebaran di Terminal Purabaya Bungursih, Kamis (29/6/2017) terpantau ramai. Meski begitu, belum terlihat kepadatan berarti seperti diprediksi sebelumnya. Mereka diperkirakan baru akan kembali ke Surabaya pada H+6 lebaran nanti.

“Tahun lalu, H+4 seperti ini sudah penuh sesak. Penumpang yang datang sampai tembus angka 76.204 orang. Tetapi, tahun ini hanya 46.606 orang saja,” tegas petugas pendataan penumpang terminal Purabaya Bungurasih Hermawan, Kamis (29/6/2017).

Perbedaan ini, kata Hermawan, diyakini karena masa libur lebaran tahun ini yang cukup panjang. Hingga 2 Juli mendatang. Apalagi, libur lebaran tahun ini juga berbarengan dengan liburan sekolah yang baru akan berakhir 16 Juli nanti.

“Karena masa libur panjang, pemudik memilih berlama-lama dikampung. Biasanya mereka baru akan balik saat mendekati masuk kerja. Prediksi kami, pada puncak arus balik baru terjadi pada Sabtu dan Minggu,” tutur pemuda ini.

Sementara itu, sepanjang hari Kamis pukul 00.00 hingga 16.00 WIB kemarin, jumlah penumpang yang datang di Terminal Purabaya mencapai 36.384 orang. Sedangkan jumlah armada bus mencapai 886 unit, dari berbagai trayek yang ada.

“Jumlah penumpang paling banyak dari Banyuwangi-Probolinggo. Yakni 5.564 penumpang. Di susul kemudian Solo-Jogja 4.503 penumpang, dan Malang 3.838 penumpang. Paling sedikit dari bali, hanya 28 penumpang,” ungkapnya.

Pantaun SINDOnews di lapangan, kepadatan penumpang di Terminal Purabaya tidak hanya didominasi penumpang yang balik saja. Tetapi juga para pemudik.

Sampai H+4 kemarin, jumlah pemudik masih cukup banyak. Berdasarkan laporan petugas pendataan, jumlah pemudik kemarin masih berjumlah 21.872 penumpang. Sebagian besar dengan tujuan Solo-Jogjakarta; Banyuwangi-Probolinggo serta Tulungangung-Trenggalek.

Salah seorang pemudik tujuan Trenggalek, Ireng Mujudi mengatakan, dirinya sengaja mudik terlambat karena harus menyelesaikan tugas tambahan saat lebaran. Apalagi, masa libur lebaran tahun ini juga relatif panjang.

“Biasanya kalau waktu mepet, saya pilih tidak mudik. Tetapi karena masih ada sisa libur, saya sempatkan pulang,” tutur karyawan perusahaan swasta di Kalimantan ini.

Mengantisipasi kepadatan arus balik pada Sabtu dan Minggu nanti, Koordinator Bidang Kamtib Terminal Purabaya, M Fadli telah menyiapkan sedikitnya 100 personel. Mereka akan bertugas mengawal dan mengarahkan penumpang selama di terminal.

“Kami ingin pastikan penumpang di terminal ini aman dan nyaman, sampai mereka berpindah angkutan. Kami juga dibantu bapak-bapak kepolisian, Pramuka dan tim relawan. Insyaallah semua siap membantu 100%,” katanya.

Untuk kesiapan armada, Fadli juga memastikan tidak ada masalah. Sebanyak 782 unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 983 unit bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) telah disiapkan. Jumlah tersebut belum termasuk bus bantuan dari perusahaan Pariwisata dan Damri.

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2sqszbY

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Puncak Arus Balik di Terminal Purabaya Diprediksi Sabtu-Minggu"

Post a Comment

Powered by Blogger.