Search

Ini Skenario Penyelamatan Pemudik jika Terjebak Macet di Tol Brebes-Gringsing

BATANG - Basarnas kembali menggelar simulasi penyelamatan pemudik yang terjebak dalam kemacetan panjang di Tol Brebes-Gringsing, Batang. Mendekati Lebaran, jumlah pemudik di jalur tersebut diperkirakan terus meningkat sehingga perlu disiapkan skenario penyelamatan melalui udara.

Di hadapan rombongan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Basarnas Marsda M Syaugi, para rescuer Basarnas unjuk kemampuan dalam melakukan penyelamatan pemudik yang menderita gangguan kesehatan. Selain dari Basarnas, simulasi juga melibatkan beberapa unsur seperti TNI, Polri, PMI serta Potensi SAR lainnya.

Disimulasikan, terdapat pemudik yang mendadak menderita henti jantung saat terjebak kemacetan luar biasa. Tim Basarnas lantas mengerahkan tiga unit motor trail dengan enam rescuer untuk melakukan penilaian korban.

Setelah dilakukan penilaian, tim mendapatkan informasi korban henti jantung mempunyai riwayat penyakit jantung. Sementara, satu korban lainnya menderita heat exhaution atau kelelahan panas yang diakibatkan kekurangan cairan pada tubuh karena lingkungan yang panas.

Dua korban tersebut terjebak di tengah-tengah kemacetan sepanjang Tol Fungsional Batang-Gringsing. Untuk memudahkan serta mempercepat evakuasi, Basarnas menggunakan helikopter Dauphin yang sudah disiagakan di lokasi sejak awal arus mudik.

Tim rescuer pun dengan cepat meluncur dari helikopter menggunakan tali untuk mengevakuasi korban. Dengan cepat dua korban berhasil dievakuasi untuk mendapat pertolongan pertama di posko induk, sebelum akhirnya dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Basarnas di Gringsing. Ini seperti satu pusat kegiatan layanan masyarakat yang insya Allah membuat layanan ini hebat dan semoga Allah memberikan pertolongan kepada kita," ujar Budi Karya seusai menyaksikan simulasi, Rabu (21/6/2017).

Kepala Basarnas Marsda M Syaugi mengatakan, simulasi itu untuk membantu pengamanan arus mudik yang menjadi tradisi tahunan. Simulasi itu juga sekaligus sebagai bentuk antisipasi munculnya kejadian tidak diinginkan seperti pada 2016 di Tol Brexit.

"Basarnas melakukan simulasi untuk meningkatkan respons time bila terjadi kecelakaan. Pengalaman Brexit tahun lalu menjadi pengalaman berharga, jangan sampai ada korban meninggal."

(zik)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2rRYQ0d

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Skenario Penyelamatan Pemudik jika Terjebak Macet di Tol Brebes-Gringsing"

Post a Comment

Powered by Blogger.