Search

Kronologis Meledaknya Meriam Istana Raja yang Tewaskan 1 Warga

loading...

PEKANBARU - Polisi masih menyelidiki panyebab meledaknya meriam di Istana Darussalam Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (9/5/2018). Akibat insiden ini, satu warga tewas dan tiga lainnya mengalami luka parah.

Kabid Humas Polda Riau AKBP Sunarto mengatakan, kronologis meledaknya meriam atau bahasa tradisionalnya adalah lelo bermula saat pukul Pukul 10.45 WIB, Raja Gunung Sahilan, HMT Nizar diarak dari Kantor Desa Gunung Sahilan menuju istana. Saat diiringi Raja Gunung Sahilan didampingi oleh Kapolres Kampar AKBP Ananta Yudhistira, tokoh masyarakat dan sesepuh adat.

Di Istana  Raja Gunung Sahilan sudah menunggu sekitar 1.500 warga. Rencananya mereka akan memperingati genap satu tahun kepempinan raja mereka HMT Nizar. Iring-iringan diwarnai dengan musik tradisional Kerajaan Gunung Sahilan.

"Pukul 11.00 WIB rombongan Raja Gunung Sahilan sampai di gerbang istana," ucap AKBP Sunarto.

Tidak berapa lama, salah satu penyelenggara acara bergerak ke meriam atau lelo. Diapun bermaksud membunyikan meriam tersebut untuk menyambut kedatangan raja dan rombongan.

Namun tiba tiba, saat dihidupkan, meriam itu meledak dan hancur berkeping keping. Ledakan itu membuat lima orang yang berada di sekitar meriam terpental. Dalam insiden ini satu orang meninggal atas nama  Ikram (38). Sementara tiga orang mengalami luka cukup parah yakni Sumanto Rebo (58 tahun) warga Gunung Sahilan; Rapika Alni (16 tahun) warga Desa Subarak Kecamatan Gunung Sahilan; dan Aisyah (12 tahun). Sementara satu orang mengalami luka ringan yakni Sarimah (51 tahun).

Meriam yang meledak itu memiliki panjang 1 meter dengan diameter 7. Saat ini tim masih menyelidiki penyebab meledaknya meriam tersebut. Menghidupkan meriam atau lelo itu merupakan salah satu ritual untuk memulai jalannya acara," imbuhnya.  Kronologis Meledaknya Meriam Istana Raja yang Tewaskan 1 Warga

(rhs)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : https://ift.tt/2FYiaLH

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kronologis Meledaknya Meriam Istana Raja yang Tewaskan 1 Warga"

Post a Comment

Powered by Blogger.