Search

Pastikan Keamanan Natal-Tahun Baru, Kapolda Minta Anggota Bertugas dengan Ikhlas

BANDUNG - Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengecek kesiapsiagaan personel pengamanan Natal dan Tahun Baru di Polrestabes Bandung dan sejumlah gereja di Kota Bandung, Minggu (24/12/2017). Dalam kegiatan itu, Kapolda didampingi Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo, dan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Yosua Pandit Sembiring.

Selain kesiapsiagaan para perwira dan anggota di jajaran Polrestabes Bandung, Agung juga memeriksa kendaraan operasional dan senjata yang digunakan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. "Jaga stabilitas kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat) di Kota Bandung kondusif. Laksanakan tugas dengan ikhlas dan niat untuk beribadah," kata Agung.

Seusai memeriksa kesiapan anggota, Kapolda dan para perwira mengunjungi Gereja Katedral Santo Petrus. Selain itu,  dilakukan pula penyisiran dan sterilisasi gereja menggunakan metal detektor oleh Tim Jihandak Brimob Polda Jabar. "Sterilisasi merupakan standar operasional kami sebelum melaksanakan pengamanan objek-objek vital," ujar Agung.

Agung menuturkan, dalan mengamankan Natal dan Tahun Baru di Jabar, Polda Jabar dibantu oleh Kodam III/Siliwangi, Pemprov Jabar, dan beberapa ormas. "Inilah negara Bhineka Tunggal Ika. Tunjukan bahwa kita negara besar, berbeda-beda tapi tetap bersatu. Kita jaga NKRI yang kita cintai ini," tutur Kapolda.

Agung memastikan hingga saat ini, situasi aman dan kondusif, termasuk situasi arus lalu lintas. "Lalu lintas tadi malam terjadi kepadatan tetapi tidak terlalu, tidak macet total, tidak seperti tahun-tahun lalu," ungkap Agung.

Diketahui, untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru, Polda Jabar menggelar Operasi Lilin Lodaya 2017 dari 23 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018. Total kekuatan yang dikerahkan 23.906 personel, gabungan Polri, TNI, pemerintah daerah, seperti satuan polisi pamong praja dan dinas perhubungan,  pdkerjaan umum, dan unsur terkait lainnya. Polri mengerahkan 14.447 personel, TNI 2.240, dan selebihnya dari instansi terkait serta organisasi masyarakat (ormas).

Malam harinya, Kapolda Jabar melanjutkan kegiatan menyambangi Gereja Katedral Santo Petrus bersama unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), di antaranya, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo. Kunjungan itu bertujuan untuk mengajak masyarakat Jabar untuk bersama-sama menjaga kondusivitas dan memperkokoh toleransi.

(wib)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2D85T6l

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pastikan Keamanan Natal-Tahun Baru, Kapolda Minta Anggota Bertugas dengan Ikhlas"

Post a Comment

Powered by Blogger.