Search

Harga Elpiji 3 Kg Melambung di Pengecer, Pertamina Tak Berdaya

SEMARANG - Melambungnya harga gas elpiji ukuran 3 Kg selama beberapa pekan terakhir sangat dikeluhkan warga. Meski demikian, PT Pertamina menyatakan tak bisa memberi tindakan kepada pedagang-pedagang nakal yang memanfaatkan kesempatan ini.

"Harga HET (gas elpiji tiga kilogram) adalah Rp15.500. Pertamina hanya mengawasi dari agen ke pangkalan. Pertamina tidak mengawasi pengecer. Selama ini pengecer menjual lebih dari HET dan Pertamina tidak ada otoritas menindak pengecer," kata Area Manager Communication & Relations Jawa Bagian Tengah, Andar Titi Lestari, Jumat (15/9/2017).

Wanita berkerudung itu pun mengimbau masyarakat untuk membeli langsung ke pangkalan atau SPBU agar harganya tak dipermainkan pedagang. Untuk itu, pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada setiap pangkalan yang menjual gas elpiji di luar ketentuan.

"Oleh karena itu kami imbau belilah ke pangkalan atau SPBU. Kita taruh (elpiji tiga kilogram) di SPBU, karena SPBU sebagai penetrasi harga. Mereka menjual sama sesuai HET. Dan sekali lagi, elpiji tiga kilogram itu hanya untuk keluarga miskin, bagi mereka yang mampu diharapkan menggunakan yang tidak bersubsidi," lugasnya.

Sebelumnya diberitakan, kelangkaan gas elpiji ukuran tiga kilogram di Semarang Jawa Tengah memicu sejumlah pedagang mencari keuntungan lebih. Bahkan, kebanyakan pedagang tak lagi mematuhi harga eceran tertinggi (HET) dari Rp15.500 per tabung dan menjualnya hingga mencapai Rp25 ribu per tabung.

(nag)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2ybiTXf

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Elpiji 3 Kg Melambung di Pengecer, Pertamina Tak Berdaya"

Post a Comment

Powered by Blogger.