Search

Daerah-Daerah Ini Terancam Terkena Erupsi Gunung Agung

DENPASAR - Gunung Agung di wilayah Kabupaten Karangasem saat ini statusnya meningkat jadi Waspada. Bila melihat sejarah aktivitas erupsi Gunung Agung dicirikan oleh erupsi-erupsi yang bersifat eksplosif dan efusif dengan pusat kegiatan yang terletak di dalam kawah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bali, Made Indra mengatakan, bila dilihat pada sejarah erupsi potensi ancaman berupa bahaya berupa jatuhan piroklastik, aliran piroklastik, dan aliran lava.

Maka daerah yang berpotensi terancam jatuhan piroklastik dapat tersebar di sekeliling Gunung Agung tergantung pada arah angin.

Sedangkan ancaman bahaya secara langsung berada di daerah utara gunung, seperti di daerah aliran Sungai Tukad Tulamben, Tukad Daya, Tukad Celagi yang berhulu di area bukaan kawah, Sungai Tukad Bumbung di Tenggara, Pati, Tukad Panglan, dan Tukad Jabah di Selatan Gunung Agung berpotensi terhadap bahaya aliran piroklastik dan lahar.

"Sejarahnya sesuai data Badan Geologi bahwa Gunung Agung terakhir meletus pada 12 Maret 1963 yang berskala VEI 5, dengan tinggi kolom erupsi setinggi 8-10 kilometer di atas puncak Gunung Agung," katanya di Denpasar, Kamis (14/9/2017).

Pihaknya mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak terpancing pada hal-hal yang menyesatkan.

Sebelumnya berdasarkan data PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM menaikkan status Gunung Agung dari Level (Normal) ke Level II (Waspada) terhitung hari ini sejak pukul 14.00 Wita.

(sms)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2eXiHCv

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daerah-Daerah Ini Terancam Terkena Erupsi Gunung Agung"

Post a Comment

Powered by Blogger.