Search

Sabtu Puncak Arus Mudik Melewati Kawasan Tasikmalaya

TASIKMALAYA - Kendati terlihat lonjakan pemudik yang menggunakan jalur mudik yang melintasi kawasan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, telah mulai padat serta kemacetan terjadi di sejumlah titik. Namun dipastikan jika puncak arus mudik kali ini puncaknya akan terjadi pada hari Jum’at dan Sabtu (23-24/6) mendatang mengingat hari terakhir bekerja dan sehari menjelang lebaran.

Begitupun di Terminal Tipe A Indihiang, Poll Bus Budiman, Primajasa, dan lainnya juga terlihat kedatangan penumpang sudah dalam jumlah yang sangat besar dan turun dari bus yang datang dari Jakarta, Bogor, Tangerang, serta lainnya.

Kemacetan kerap terjadi cukup panjang di Jalan Juanda tepat beradanya pul Bus Budiman, begitupun di pul Bus Primajasa yang berada di Jalan Martadinata karena keluar masuknya bus yang menaik dan menurunkan penumpang disana.

“Pantauan saat ini lumayan padat memang di jalur Gentong menuju ke arah Kota Tasikmalaya meski sebagian terpecah di kawasan Flyover Rajapolah yang kemudian menuju arah Ciamis – Jawa Tengah. Namun titik kemacetan seperti biasa terjadi di sejumlah tempat keluar masuknya kendaraan saja, serta di prediksi puncaknya Jum’at dan Sabtu ya,” ungkap Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Adi Nugraha.

Sejumlah titik kemacetan yang terjadinya keluar masuk kendaraan adalah di kawasan SPBU Gentong, Pagerageung setelah kawasan Gentong menuju Suryalaya, sejumlah Rest Area, simpang Pasar Ciawi, serta sejumlah titik lainnya sampai ke kawasan Kota Tasikmalaya. Jumlah pemudik kali ini dinilai lebih sepi jika dibandingkan dengan H-4 lebaran tahun sebelumnya.

“Kemungkinan karena telah berfungsinya dengan baik ruas di jalur tengah seperti Cipali, Brebes-Batang, yang juga sudah dilalui, makanya ke jalur selatan menjadi relatif lebih sepi jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kemungkinan jika baliknya nanti yang akan lebih banyak, karena masuknya serentak sehingga dari jalur lain akan dialihkan kesini jika terjadi kepadatan,” ujar Kapolsek Kadipaten AKP Erustiana.

Sementara itu, di Terminal Tipe A Indihiang Kota Tasikmalaya kendati jumlah pemudik telah mengalami peningkatan namun tidak sampai ada penumpang yang terlantar.

“Namun kalau yang menyatakan terlambat datang karena macet biasa mungkin musim mudik seperti ini, bus tambahan kami telah meminta ke pihak perusahaan angkutan disini untuk mengantisipasi adanya pemudik terlantar. Terutama nanti mungkin pada arus baliknya, kalau sekarang masih bisa terpenuhi,” ujar Kabid Angkutan Dishub Kota Tasikmalaya Yono Kusyono.

(sms)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2rUdsfL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sabtu Puncak Arus Mudik Melewati Kawasan Tasikmalaya"

Post a Comment

Powered by Blogger.