Search

Ratusan Pemudik di Solo Tak Kebagian Kuota Bus Gratis Lebaran

SOLO - Ratusan calon pemudik asal Kota Solo dan daerah sekitarnya yang ingin memanfaatkan angkutan bus gratis Lebaran harus gigit jari. Mereka tidak kebagian kursi untuk arus balik meski telah antre mendaftar di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah.

Pendaftaran peserta arus balik ke Jakarta yang disediakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dilakukan di Terminal Tirtonadi mulai Kamis (29/6/2017) pagi. Fasilitas bus disediakan untuk peserta yang membawa sepeda motor maupun yang tidak. Mereka yang sebelumnya telah mendaftar saat arus mudik Lebaran tetap harus daftar ulang.

“Saat mudik kemarin saya ikut bus mudik gratis, saat balik juga diminta untuk mendaftar lagi,” ungkap Sri Rahayu, pemudik asal Kecamatan Sumberlawang, Sragen saat antre mendaftar di Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis (29/6/2017) siang.

Dirinya tidak tahu apakah bakal mendapatkan jatah kursi atau tidak. Sebab dari pengumuman panitia penyelenggara, kini yang tersisa tinggal satu bus untuk pemudik yang tidak membawa sepeda motor. Padahal antrean masih panjang dan mengular. Dirinya sampai di terminal sekitar pukul 07.00 WIB.

Sedikit berbeda diungkapkan Husni Tamrin, pemudik asal Kabupaten Boyolali yang akan kembali ke Tangerang. Dirinya datang pukul 10.00 WIB di Terminal Tirtonadi dan langsung antre mendaftarkan sepeda motornya agar bisa terangkut dalam mudik gratis.

“Sudah didata identitas sepeda motor, menyerahkan fotocopy STNK dan KTP,” terang Husni Tamrin. Dirinya juga telah mendapatkan jatah bus yang disediakan. Saat arus mudik kemarin, dirinya juga mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub.

Terpisah, Galih, pelaksana lapangan mudik gratis di Terminal Tirtonadi Solo mengaku jumlah pendaftar membludak karena mereka mengira bus yang disediakan mencapai 1.000 unit untuk satu wilayah. Padahal 1.000 bus itu disediakan untuk 10 kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sedangkan di Terminal Tirtonadi sendiri kemudian masih dibagi dua. Yakni 25 bus untuk program Ayo Mudik bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Dan 28 bus lainnya untuk pemudik yang tidak menggunakan sepeda motor. “Kami memprioritaskan peserta yang sebelumnya telah mendaftar pulang balik dulu,” tandas Galih.

Sedangkan sisanya baru disediakan untuk pendaftar baru. Penyelenggara telah memiliki data online dan offline pendaftar yang telah mendaftar pulang-balik.

Mereka juga memiliki bukti invoice juga sebelumnya telah mendaftar. Pendaftar wajib registrasi ulang guna menentukan penempatan nomor bus.

Sementara, lima truk pengangkut sepeda motor akan diberangkatkan terlebih dahulu secara bergelombang mulai Kamis (29/6/2017) malam. Sedangkan delapan truk sisanya diberangkatkan pada hari berikutnya. Untuk satu truk dapat mengangkut 45 sepeda motor. Sedangkan satu bus ditetapkan 45 kursi meski secara riil terdapat 47 kursi dan 50 kursi.

Sementara itu, Kepala Terminal Tirtonadi Solo Eko Agus Susanto mengatakan, arus balik gratis angkutan lebaran akan diberangkatkan di Terminal Tirtonadi pada 1 Juli mendatang jam 09.00 WIB.

Secara simbolis mereka akan diberangkatkan oleh Dirjen Perhubungan Darat bersama Wali Kota Solo. Menyusul membludaknya pendaftar, pihaknya meminta agar penyelenggara segera merekap dan mengumumkan jumlah bus yang tersisa. “Terutama pendaftar yang tidak menggunakan sepeda motor,” ucap Agus.

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2tnszhy

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ratusan Pemudik di Solo Tak Kebagian Kuota Bus Gratis Lebaran"

Post a Comment

Powered by Blogger.