Search

Antisipasi Arus Balik, KM 66-41 Tol Cikampek Dibuat Satu Arah Mulai 30 Juni

BANDUNG - Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas kendaraan saat arus balik Lebaran 2017, Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat dan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar berencana melakukan rekayasa lalu lintas berupa contra flow (satu arah) di sepanjang Jalan Tol Cikampek.
Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik menjelaskan, contra flow akan diberlakukan mulai KM 66 hingga KM 41 arah Jakarta.

Rekayasa lalu lintas itu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan akibat pertemuan arus kendaraan dari Tol Cileunyi Padalarang (Cipularang) dan Tol Cikampek Palimanan (Cipali) di KM 66 Tol Cikampek.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kata Dedi, kepadatan arus lalu lintas mulai terjadi di KM 66 akibat menumpuknya arus kendaraan dari dua jalur tol tersebut dan penyempitan lajur.

"Jadi, untuk mengurai kepadatan lalu lintas, rencananya akan kita berlakukan contra flow mulai KM 66 hingga KM 41 Tol Cikampek," kata Dedi kepada KORAN SINDO, Rabu (28/6/2017).

Disinggung kapan rekayasa lalu lintas itu diberlakukan, Dedi menyebutkan, contra flow akan berlaku beriringan dengan puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 30 Juni, 1 Juli, dan 2 Juli 2017 mendatang. "Di tiga hari itu, kita prediksi puncak arus balik terjadi," katanya.

Dalam penanganan arus balik Lebaran 2017, lanjut Dedi, pihaknya menyiapkan 5.072 unit bus antar kota antar provinsi (AKAP), antar kota dalam provinsi (AKDP), dan bus pariwisata.

"Kami juga menyiapkan ASDP (angkutan sungai, danau, dan penyeberangan) dan kereta api. Sementara untuk angkutan udara, jumlahnya mencapai 90 unit yang take off dan landing di Bandara Husein Sastranegara Bandung dengan perbandingan 15% penerbangan internasional dan 85% domestik," paparnya.

Dedi meyakinkan, pihaknya memantau ketat kelayakan seluruh moda angkutan Lebaran 2017 demi keamanan dan kenyamanan penumpangnya.

"Semua kami cek kelayakannya karena keselamatan penumpang nomor satu. Jika tidak layak, tidak kami izinkan untuk beroperasi,"  tandasnya. 

(sms)

Let's block ads! (Why?)



Pengen baca lanjutan nya buka link di samping : http://ift.tt/2tWnyKl

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Antisipasi Arus Balik, KM 66-41 Tol Cikampek Dibuat Satu Arah Mulai 30 Juni"

Post a Comment

Powered by Blogger.